Magang Mandiri Universitas INABA

Magang adalah kegiatan mahasiswa/calon lulusan untuk memperoleh pengalaman bekerja di suatu institusi, perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup). Tujuan magang yaitu memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.).

Mahasiswa yang mengambil Magang harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi sebagai berikut:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa Aktif Universitas INABA
  2. Telah menyelesaikan mata kuliah kompetensi di Semester 1-5
  3. Telah menempuh minimal 84 sks
  4. Jika bersamaan dengan mengambil matakuliah, maka jumlah maksimal matakuliah yang bersamaan dengan magang adalah 1 (satu) mata kuliah (kecuali magang dilakukan dalam masa libur semester).
  5. Mata kuliah magang   wajib dicantumkan dalam Kartu Rencana Studi pada semester berjalan (Apabila Mahasiswa yang bersangkutan telah diterima dan/ atau pengajuan magang mandiri disetujui oleh Ketua Prodi).
  6. Magang mandiri diperkenankan, bagi mahasiswa yang mencari sendiri tempat magangnya (Mahasiswa wajib menyerahkan company profile calon perusahaan tempat magang terlebih dahulu untuk dievaluasi oleh Program Studi beserta Formulir Permohonan Magang
  7. Telah memahami dan bersedia mematuhi berbagai peraturan yang berlaku selama Magang

Langkah-langkah pelaksanaan magang:

  1. Komunikasi dengan instansi/perusahaan tempat magang untuk menentukan jumlah peserta magang, waktu dan durasi magang, tempat magang dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa.
  2. Koordinasi dan persiapan magang dengan melibatkan pihak terkait dengan kegiatan magang ini.
  3. Pengumuman kepada mahasiswa tentang program magang yang tersedia (sebaiknya dilakukan untuk satu tahun akademik).
  4. Pendaftaran calon peserta magang dengan mengisi formulir permohonan magang dan dilanjutkan dengan seleksi peserta magang.
  5. Penentuan dosen pembimbing dan pembimbing magang dari instansi/perusahaan tempat magang.
  6. Persiapan magang, berupa orientasi atau pengenalan tempat kerja agar mahasiswa memahami hal-hal yang berkenaan dengan disiplin dan lingkup pekerjaan.
  7. Pelaksanaan magang: pemantauan, bantuan, dsb.
  8. Pelaporan hasil magang oleh peserta magang dengan bimbingan Dosen dan Pembimbing Magang.
  9. Ujian magang.

Prosedur Pengajuan Magang Mandiri

  1. Mahasiswa mengisi Form pendaftaran Magang Form M1 (termasuk di dalamnya pernyataan telah memahami  segala ketentuan magang, pernyataan  mengambil secara bersamaan dengan Mata Kuliah lain/ Skripsi  atau tidak, dan pernyataan telah memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku serta dilampiri curriculum vitae mahasiswa, profil perusahan) diajukan ke pusat karir melalui email: [email protected]
  2. Mahasiswa mengajukan Formulir M1 yang sudah di Acc Pusat Karir ke Program Studi untuk divalidasi.
  3. Mahasiswa mengirimkan Formulir M1 serta persyaratan lainnya ke Pusat Karir secara daring melaui https://forms.gle/HqhPzXPwhk9UGRrW9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Informasi PMB INABA