Magang dan Studi Independen Bersertifikat “Kampus Merdeka”

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu metode pembelajaran, dari delapan metode yang dicanangkan dalam Kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka menyiapkan mahasiswa-mahasiswa kita. menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat.

Khusus untuk program MSIB, selama ini mahasiswa kurang mendapat pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata sehingga kurang siap bekerja. Sementara magang yang berjangka pendek (kurang dari 6 bulan) sangat tidak cukup untuk memberikan pengalaman dan kompetensi industri bagi mahasiswa.

Program MSIB sebanyak maksimal 2 semester, memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Selama program, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.). Sementara industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung direkrut, sehingga mengurangi biaya rekrutmen dan training awal/induksi.

Sayarat dan Ketentuan Mahasiswa

  • Merupakan mahasiswa aktif untuk jenjang pendidikan D4 dan S1 di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan belum diwisuda. Keaktifan mahasiswa akan diverifikasi secara otomatis oleh sistem;
  • Mahasiswa aktif di tahun ketiga dan keempat untuk S1, dan tahun keempat untuk D4;
  • Mahasiswa memiliki IPK minimal sesuai dengan prasyarat dari masing-masing Mitra IDUKA;
  • Siap berkomitmen menjalankan kegiatan magang dan studi independen dengan durasi 1−2 semester (sesuai dengan masing-masing program Mitra IDUKA). Ada pakta integritas yang perlu diisi sebagai bukti ketersediaan; dan
  • Ketika diterima, mahasiswa diwajibkan untuk melengkapi sejumlah dokumen, di antaranya: scan kartu mahasiswa, buku rekening tabungan, surat rekomendasi dari pimpinan bidang Akademik dan Kemahasiswaan PT (Kaprodi/Dekan/Wakil Dekan/Rektor/Wakil Rektor) untuk mengikuti program ini, yang difasilitasi oleh Koordinator Program MSIB masing-masing kampus.

Cara mendaftar

Mahasiswa harus mendaftar melalui platform Kampus Merdeka, selaku penyelenggara program, dengan memperhatikan persyaratan dari masing-masing Mitra IDUKA yang membuka program magang dan/atau studi independen bersertifikat, pada laman:

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Informasi PMB INABA